Bagaimana Veneer Menghadirkan “Hollywood Smile” di Diri Anda

 

 

Kehadiran Veneer dianggap sebagai cikal bakal “Hollywood Smile”, sekaligus revolusi di dunia cosmetic dentistry. 

Jika melihat sosok yang sering tampil di televisi, film, atau wajah yang kerap menghiasi sampul majalah, baik itu bintang film atau pembawa acara terkenal. Ada kemiripan pada diri mereka. Bukan bentuk tubuhnya, warna rambutnya atau bahkan selera fashion mereka. Kemiripan yang paling menonjol adalah, senyum mereka yang sempurna.

Banyak kalangan yang mengira bahwa gigi yang membuat senyum mereka tampak sempurna itu berkat perawatan whitening. Namun buat mereka yang pernah melakukan perawatan whitening pasti tahu bahwa perawatan jenis ini hanya bisa memutihkan gigi. Tidak bisa memberi bentuk gigi yang sempurna atau mengubah struktur gigi asli. Gigi dengan jarak yang renggang akan tetap terlihat renggang. Begitu juga dengan gigi yang retak atau patah. Whitening hanya bisa memutihkan gigi. 

Beberapa bintang Hollywood dikabarkan menggunakan veneer untuk mempercantik senyum mereka. Seperti yang diberitakan self.com, salah satu pemeran “Real Houswife”, Nene Leakes mengaku menggunakan veneer untuk mempercantik senyumnya. Demikian halnya dengan aktor Donald Faison, salah satu pemain dalam film “Clueless”, juga melakukan transformasi pada giginya dengan veneer. Katy Perry, Tom Cruise, Megan Fox, dan pesepak bola Cristiano Ronaldo adalah deretan nama tenar lainnya yang turut mengubah tampilan senyum mereka dengan veneer.

Merujuk hasil survey yang dilakukan American Academy of Cosmetic Dentistry (AACD), pada tahun 2015, setelah whitening dan bonding (penambalan), veneer merupakan perawatan gigi paling banyak ketiga yang dilakukan di Amerika Serikat, dari total 8 pilihan prosedur perawatan untuk kecantikan gigi.

Veneer diciptakan pertamakali pada tahun 1928 oleh Charles Pincus, seorang dokter gigi asal California, Amerika Serikat. Awalnya, veneer hanya digunakan untuk mengubah penampilan seorang aktor dalam pembuatan film. Penggunaannya saat itu bersifat sementara. 

Apa sebenarnya veneer dan apa keunggulannya? Veneer adalah lapisan tipis yang dipasangkan pada permukaan gigi untuk memberi bentuk dan warna sesuai dengan keinginan pasien atau dibuat secara custom.  Tujuan pemasangan veneer adalah untuk mempercantik senyum secara instan untuk jangka waktu lama. 

Perawatan veneer ada dalam kategori cosmetic dentistry karena bertujuan menghasilkan gigi yang sempurna. Perawatan yang pada umumnya menggunakan material porcelain ini berguna untuk merapatkan jarak antara gigi, menambah panjang gigi, menutupi lapisan yang rusak karena terkikis dan memberikan warna putih cemerlang. Veneer juga bermanfaat untuk memperbaiki dan melindungi gigi yang rusak akibat kecelakaan.

Terdapat dua jenis veneer, yakni direct dan indirect veneer. Direct veneer yang menggunakan material composite resin dapat dipasang langsung di permukaan gigi pada kunjungan pertama pasien. Prosesnya seperti menambal gigi. Material composite langsung dibentuk dipermukaan gigi pasien. Sementara indirect veneer adalah lapisan tipis porcelain yang dipasangkan pada gigi asli. Namun baru bisa dipasang pada kunjungan berikutnya. Karena porcelain veneer harus dibuat di laboratorium (lab) terlebih dahulu. 

Untuk urusan kualitas, material yang digunakan saat ini bisa dikatakan sangat baik. Porcelain veneer bisa bertahan antara 10 hingga 15 tahun sebelum akhirnya memerlukan pemasangan ulang. Porcelain Veneer tidak dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan. Sementara composite veneer bisa diperbaiki. Namun composite veneer hanya mampu bertahan antara 5 hingga 7 tahun saja. 

Agar kualitas veneer tetap terjaga, pasien harus juga menjaga makanannya. Misalnya tidak mengkonsumsi makanan yang keras dan berwarna. Pengguna veneer juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan seperti mengigit kuku, membuka sesuatu dengan gigi atau mengunyah es batu. 

Rawat gigi yang menggunakan veneer dengan sikat gigi atau floss seperti biasa. Sangat disarankan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi minuman berwarna seperti kopi, teh, atau soda. 

Perawatan dengan veneer adalah pilihan yang berkaitan dengan kecantikan dan gaya hidup. Tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk memiliki senyum sekelas bintang atau “Hollywood Smile” dambaan Anda.